Tips Belanja Online Agar Tidak Boros

Dimasa pandemi ini memang belanja online jadi tranding topiknya. Berita ini kuat disebabkan terjadinya pepanjangan lokcdown dan diadakannya PSBB jilid II. Dari survey yang saya lakukan, belanja online adalah suatu hal yang dapat membuat diri terhibur. Sehingga banyak orang yang saat dirumah belanja online secara besar-besaran. Tanpa memperhitungkan pengeluaran dan bahkan mengeruk tabungan.

Tapi jangan khawatir hal itu bisa diantisipasi dan tidak membuat efek samping, hehehe. Seperti minum obat saja. Baik langsung kita ulas tips bagaimana cara menahan pengeluaran saat belanja online yang membuat tanbungan bolong :)

1. Report Pengeluaran

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu membuat catatan kecil atau report pengeluaran. Bertujuan untuk mengontrol apa saja yang sudah kamu beli, dan berapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan. Dengan melakukan hal seperti itu, kamu akan sedikit memperhitungkan pengeluaran. 

2. Ingat Kebutuhan Pokok

Belanja online memang terkadang banyak diskon yang ditawarkan, untuk membuat lapak bisnis agar tetap ramai pengunjung. Disaat seperti ini kamu harus ingat kebutuhan pokok, agar tidak tergiur untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Cara yang satu kali ini agak berat sih tapi demi menjaga keuangan, kamu harus bisa menahan dan bahkan menghindari belanja online yang tidak terlalu kamu butuhkan.

3. Hindari Belanja di Saat Tubuh Tidak Fit


Selanjutnya, untuk mengontrol pengeluaran belanja online hal yang satu ini harus bener-bener kamu perhatikan. Karena disaat tubuh kamu tidak fit, sistem kerja otak pun tidak bekerja dengan baik. Membuat kamu tidak bisa menentukan barang yang perlu kamu beli atau tidaknya. Dan lagi kamu tidak bisa memperhitungkan pengeluaran yang akan kamu belanjakan. Jadi sebaiknya kamu untuk tidak belanja online disaat seperti itu.

4. Jadwal Tenang

Cobalah untuk membuat jadwal atau hari tanpa belanja online. Atau membuat rencana untuk tidak melakukannya selama satu pekan penuh. Untuk mencapai target menghindari pemborosan. Mungkin bisa dicoba dengan tidak membuka aplikasi belanja online. Bisa menitipkan kartu kredit kepada orang tua. Sehingga jika kita belanja online perlu ngeluarkan uang tunai dan memerlukan pergerakan dan waktu lebih untuk pergi membayar tagihannya. Dan jurus pamungkasnya  adalah mencari hiburan lain agar tidak tersugesti untuk belanja online terus.


0 komentar:

Posting Komentar